Tutorial Canva

Tutorial Menggunakan Canva Untuk Pemula

Tutorial Menggunakan Canva – Saat ini kebutuhan akan visual konten yang di share ke sosial media, website, blog sangat penting untuk menunjang kegiatan bisnis. Visual konten yang baik tentu akan menarik bagi audiens. Tapi untuk membuat visual konten bukanlah hal yang bisa dikerjakan sembarangan orang. Anda perlu menggunakan software untuk membuat desain grafis dan rata-rata perlu mengeluarkan biaya menggunakan software tersebut. Belum lagi tidak mudah untuk mempelajari software tersebut terutama untuk pemula atau orang awam.

Tapi tenang, ada alternatif lain aplikasi desain gratis dan mudah digunakan untuk semua orang yaitu Canva. Dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana cara menggunakan canva dengan fitur – fiturnya. Selamat membaca !

Apa Itu Canva ?

Canva adalah aplikasi/tool untuk desain grafis berbasis online yang mudah digunakan untuk orang awam sekalipun dan tersedia untuk desktop maupun mobile. Sehingga Anda bisa berkreasi membuat visual konten dimanapun dan kapanpun asal memiliki jaringan internet. Aplikasi ini sebenarnya memiliki dua versi yaitu berbayar dan gratis. Namun Anda sudah dapat menggunakan canva dengan berbagai fitur yang cukup lengkap tanpa harus membelinya.

Manfaat Canva

Dengan canva Anda bisa membuat visual konten yang bagus dengan mudah tidak kalah dengan software berbayar lainnya. Anda bisa untuk membuat berbagai macam desain dengan mudah seperti :

  • Logo : Logo sangat penting bagi setiap bisnis karena itu adalah salah satu sarana branding. Menggunakan Canva Anda bisa dengan mudah membuat logo bisa dengan template yang sudah disediakan atau buat sendiri dari nol. 
  • Poster : Poster sangat cocok untuk iklan produk, jasa dan lain-lain. Membuat poster sekarang sangat mudah, tinggal buka canva pilih template poster, Anda edit dan selesai
  • Banner Iklan : Nah sekarang membuat banner iklan untuk website sangat mudah, tidak perlu menguasai ilmu desain grafis. Tinggal buka canva semua banner iklan bisa Anda buat
  • Konten Sosial Media : Konten sosial media saat ini sangat penting untuk bisnis. Dengan konten yang bagus, tentu akan menarik perhatian netizen. Canva juga menyediakan banyak template untuk membuat konten sosial media, Anda tinggal pilih, edit dan Anda unduh desain yang Anda buat, mudah bukan?
  • Featured Image Blog : Kini Anda bisa dengan cepat membuat banner blog tanpa perlu menguasai desaini grafis. Dengan Canva Anda tinggal pilih gambar, tambah teks, edit dan unduh.
  • Thumbnail Youtube : Canva juga memudahkan untuk youtuber jika ingin membuat thumbnail youtube karena sudah tersedia beragam templatenya. Anda tinggal pilih template dan edit. Bagaimana mudah kan?
  • Newsletter
  • Infografik
  • Desain Kemasan Produk

Fitur – Fitur Gratis Canva

Dari sekian banyak aplikasi desain grafis yang ada seperti adobe, corel dan lain-lain, Canva adalah salah satu opsi desain grafis terbaik tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun yang menyediakan berbagai macam fiturnya. Inilah fitur-fitur yang akan Anda temui di versi gratis canva. 

50.000+ Template

Yaa itu benar, di canva ada lebih dari 50.000 lebih template yang bisa digunakan untuk membuat semua kebutuhan visual konten Anda. Contoh-contoh visual konten tersebut terbagi dalam berbagai kategori, termasuk banner website, banner iklan, poster dan lain-lain. Sebenarnya Anda juga bisa desain sendiri visual konten Anda dari nol, namun beragam template yang tersedia dibuat untuk mempercepat proses pembuatan desain, caranya hanya tinggal Anda kostumisasi template atau mengubah desain yang Anda pilih sesuai keinginan. 

Kapasitas Penyimpanan 1 GB

Di Canva Anda dapat menyimpan hasil desain Anda.Fitur ini sangat berguna jika Anda memiliki format desain yang digunakan terus-menerus, sehingga jika Anda ingin membuat desain yang mirip seperti desain yang Anda buat sebelumnya, Anda tinggal buka kembali dan kostumisasi sesuai keinginan.

Untuk versi gratis, aplikasi canva menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 1GB. Untuk beberapa orang, mungkin kapasitas tersebut tidak cukup besar namun Anda dapat langsung mengunduh hasil desain Anda setelah membuatnya. Dengan begitu, kapasitas penyimpanan tersebut dapat digunakan untuk template yang sering Anda gunakan.

900+ Icon dan Ilustrasi

Selain teks, Anda juga dapat memasukkan icon dan ilustrasi kedalam desain Anda. Ada banyak icon dan ilustrasi yang tersedia di versi gratis.

Pilihan Background Yang Bervariasi

Di Canva tersedia banyak variasi background atau latar belakang yang tidak membosankan dengan gradien warna yang siap meramaikan desain-desain yang Anda buat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengedit setiap background yang Anda gunakan. Contohnya, Anda bisa mengatur kontras, intensitas warna, dan menambahkan vignette pada latar belakang.

Kustomisasi Teks

Di Canva juga terdapat fitur kustomisasi teks yang akan berguna jika ingin membuat slide presentasi, dokumen, dan berbagai media cetak. Fitur ini pun mudah untuk digunakan, pengguna tinggal meletakkan kotak teks pada bidang yang diinginkan.

Setelah itu, Anda bisa ubah jenis fontnya, ukuran teks, dan format lainnya. Selain itu, Canva juga memiliki banyak contoh desain tulisan yang dapat dikustomisasi. Fitur ini sangat membantu Anda untuk menghemat waktu dalam pembuatan poster atau kartu ucapan.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva

Okee sekarang kita masuk pada bagian cara menggunakan aplikasi Canva, jika sudah siap silahkan baca panduan menggunakan canva dibawah ini sampai selesai. Selamat membaca!

Membuat Akun Canva

Cara daftar canva

Pertama-tama agar bisa menggunakan aplikasi Canva, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, kalian cukup akses link canva. Setelah masuk ke situs Canva, Anda bisa klik tombol “sign up” yang ada di sebelah kiri atau pojok kanan atas layar.

Anda juga dapat mendaftar dengan akun Google, Facebook, atau alamat email. Setelah mendaftar, aplikasi Canva sudah bisa Anda gunakan

Membuat Desain dengan Canva

Membuat desain dengan canva

Tahap selanjutnya setelah akun Canva Anda berhasil dibuat, Anda akan masuk ke halaman utama aplikasi canva seperti diatas dan untuk membuat desain atau konten visual, Anda bisa klik tombol “create a design” disebelah kiri atas layar atau pada gambar yang terdapat kotak merah, lalu Anda pilih jenis desain yang ingin Anda buat seperti poster, banner iklan dan lain-lain.

Dalam tutorial Canva saat ini, kami akan membuat sebuah banner blog untuk dipasang di bagian featured image artikel blog.

Memilih Template Canva

Memilih template canva

Setelah Anda memilih jenis konten yang ingin dibuat, Anda akan masuk ke halaman editor Canva. Anda dapat membuat sebuah desain dengan bantuan template agar memudahkan kalian dan mempercepat proses membuat desain. Anda tinggal pilih template yang cocok untuk Anda dan kalian bisa edit di sebelah kanan layar seperti jenis teks, ukuran teks, background dan lain-lain

Membuat Desain Tanpa Template Canva

Tutorial menggunakan canva

Untuk tutorial canva saat ini saya akan membuat desain tanpa template agar Anda memahami fungsi dari berbagai menu editor Canva. Pertama – tama Anda pilih background. Untuk latar belakang desain sebenarnya ada 2 opsi yaitu “Photos” dan “Background”.

Anda bisa pilih salah satu nya yang sesuai kebutuhan Anda. Perbedaannya yaitu pada menu “Photos”, Anda dapat menggunakan beragam foto yang berbeda-beda dan orientasi vertikal horizontal. Di sisi lain, menu “Background” menyediakan berbagai gradien warna serta gambar yang keren-keren dan simple.

Pilih photos

Edit Background

Cara menggunakan canva

Anda pilih terlebih dahulu background yang ingin Anda gunakan, dan seperti dilihat diatas bahwa gambar terlihat tidak pas dengan canvas nya. Agar gambar sesuai dengan canvas nya Anda dapat klik salah satu dari keempat ujung foto tersebut tekan tombol “alt” agar proporsional, lalu tarik. Hasilnya seperti pada gambar berikut. 

Edit gambar

Agar tulisan nantinya yang Anda buat jelas, Anda perlu edit background agar teks yang akan ditambahkan nantinya mudah dibaca. Untuk mengeditnya, klik “Adjust”. Setelah di klik akan terlihat beberapa slider yang bisa Anda geser kiri kanan untuk mendapatkan hasil edit yang diinginkan.

Tutorial canva

Atau anda juga bisa menggunakan shape hitam dan letakan diatas background. Setelah itu  Anda atur opacity nya seperti dibawah ini.

Opacity canva

Dan jika Anda salah edit, Anda bisa tekan tombol ctrl + z atau klik tanda panah kiri di halaman editor tersebut (tanda merah kotak)

Menambahkan Teks

Cara tambah teks di canva

Untuk menambahkan teks Anda tinggal klik tanda “Text” di sebelah kiri. Sebenarnya ada dua pilihan cara menambah teks, yang pertama Anda bisa pilih template yang sudah ada oleh Canva dan cara ini lebih efektif dan praktis karena Anda tinggal hanya mengganti tulisannya saja.

Akan tetapi, Anda bisa membuat teks secara manual tentunya. Untuk melakukannya, Anda bisa klik salah satu dari tiga model tulisan yang ada di atas.

Mengedit teks

Cara menggunakan aplikasi canva

Anda juga dapat mengubah ukuran, warna, dan gaya tulisan dengan klik pada teks yang ingin dikustomisasi. Anda juga bisa memindahkan tulisannya tinggal klik dan drag kearah yang Anda inginkan.

Unduh dan Share Hasil Desain Anda

Jika desain Anda sudah selesai dibuat, desain Anda sudah disimpan secara otomatis di folder penyimpanan karena Canva memiliki fitur auto save. Selanjutnya Anda tinggal mengunduh desain Anda atau membagikannya ke platform lain, seperti website, media sosial. Bahkan, Anda juga bisa mentransfer desain-desain Anda ke Google Drive dan Dropbox.

Untuk mengunduh desain Anda tinggal klik “Download” disebelah kanan atas layar. Setelah klik tombol “Download” diaitu tersedia bermacam-macam format file yang bisa digunakan oleh Anda seperti PNG, JPG, dan PDF.

Cara unduh desain di canva

Desain banner blog Anda sudah tersimpan didalam folder download komputer Anda.

Nah itu dia tutorial menggunakan Canva. Bagaimana? sangat mudah kan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top