person holding cardboard box on table

Plugin Ongkos Kirim Terbaik untuk Woocommerce

Ketika Anda menjalankan toko online dan toko online Anda tidak memiliki fitur cek ongkos kirim, maka hal tersebut menjadi kurang lengkap. Karena ongkos kirim yang sering menjadi pertimbangan bagi para pelanggan saat mereka melakukan transaksi.

Pelanggan harus bisa mengetahui berapa uang yang harus dikeluarkan untuk mengirim barang menuju alamatnya. Dengan begitu, Anda sebagai pemilik toko online harus menyediakan fitur tersebut.

Jika toko online Anda menggunakan WooCommerce tentunya Anda tahu bahwa sebenarnya WooCommerce sendiri sudah menyediakan fitur cek ongkos kirim. Hanya saja fasilitas ongkos kirim yang disediakan ada beberapa kendala Ketika diterapkan di toko online Indonesia.

Maka dari itu kami akan memberikan 5 rekomendasi plugin terbaik ongkos kirim di WordPress yang bisa Anda gunakan secara gratis maupun yang berbayar. Dibawah ini beberapa plugin yang bisa Anda gunakan.

5 Plugin ongkos kirim terbaik

Sebenarnya diluaran sana ada banyak plugin ongkos kirim, mungkin jumlahnya bisa puluhan bahkan bisa sampai belasan plugin ongkos kirim. Akan tetapi, hanya ada beberapa plugin yang bisa dibilang terbaik dan melalui artikel ini kami sudah merangkum 5 plugin ongkos terbaik untuk WordPress.

Plugin ongkos kirim dari Tonjoo Studio

Salah satu agensi pengembangan website di Indonesia adalah Tonjoo Studio. Selain plugin untuk ongkos kirim, tonjoo juga mengembangkan beberapa plugin WordPress.

Plugin ini bisa Anda gunakan secara gratis dan berbayar. Plugin ongkos kirim tonjoo tersedia empat paket, diantaranya Basic (ini versi gratisnya), Personal, Multi dan Developer. Untuk versi gratis (paket basic) sudah tersedia free API ongkir sampai tingkat kecamatan dan berbagai pilihan kurir serta dapat mengakses support forum, hanya saja versi gratis ini masa aktifnya hanya 14 hari. Lumayan untuk mencoba dulu.

Tapi jika Anda sudah merasakan manfaatnya, Anda bisa memperpanjang masa aktif dan Anda bisa meningkatkan ke paket yang lainnya misalnya Personal, Multi atau Developer. Untuk meningkatkan paket, Anda hanya mengeluarkan uang kisaran $20 – $50 per tahun.

Beberapa fitur penting yang bisa Anda gunakan pada plugin ini.

  • Plugin ini memiliki fitur shipping report.
  • Kedua, fitur lainnya adalah fitur kupon diskon.
  • Ketiga, fitur Bahasa sehingga Anda bisa setting bahasanya ke Bahasa inggris dan ada pilihan berbagai macam pilihan kurs. Fitur ini akan sangat berguna bagi toko online Anda yang sudah melayani pembeli sampai ke manca negara.

Plugin ongkos kirim raja ongkir

Raja ongkir sudah lama berkecimpung untuk membantu para penjual online dan untuk para pelaku bisnis online terutama toko online, pastinya sudah tidak asing dengan plugin yang satu ini. Sekarang, Raja ongkir sudah menyediakan layanan API untuk mengecek ongkos kirim yang bisa digunakan dalam bentuk plugin di WordPress ataupun widget.

Dulu, raja ongkir hanya bisa untuk pengecekan tracking resi pengiriman barang. Sekarang, raja ongkir bisa kita gunakan untuk mengecek biaya ongkos kirim sehingga mempermudah calon pelanggan dalam melakukan pengecekan ongkos kirim.

Plugin ongkoskirim.id

Berikutnya adalah plugin ongkoskirim.id. Plugin ini sudah banyak direkomendasikan oleh para pelaku bisnis online. Plugin ini juga sudah terintegrasi dengan WooCommerce. Selain itu Anda bisa menggunakan plugin ini secara gratis, hanya saja fitur yang dimiliki terbatas.

Plugin ongkoskirim.id versi gratis memiliki pilihan kurir yang terbatas, Anda tidak bisa menggunakan pilihan kurir seperti JNE YES, JNE OKE, TIKI ONS dan Sicepat Best untuk plugin versi gratisnya. Tapi, Anda bisa melakukan upgrade ke akun berbayar jika dirasa fitur versi gratis tidak mencukupi kebutuhan Anda.

Plugin versi berbayar bisa didapatkan dengan harga kisaran Rp 199.000,- dan Rp 399.000,-. Meskipun begitu, versi gratisnya juga tetap terbaik karena tidak ada masa kadaluarsa artinya bisa Anda gunakan selamanya.

Plugin Epeken

List plugin terbaik berikutnya adalah epeken. Plugin ini dilengkapi dengan pilihan cek ongkos kirim yang paling banyak digunakan saat ini oleh beberapa website toko online. Plugin ini juga sudah terintegrasi dengan WooCommerce yang pada awalnya plugin ini masih dibangun dengan menggunakan API dari pihak JNE yang kemudian oleh pengembangnya dikembangkan lagi menjadi lebih baik sampai saat ini.

Salah satu keunggulan dari epeken ini adalah tersedianya fitur Dropship Readiness yang dimana fitur ini bisa memudahkan para dropshipper ketika akan melakukan pengecekan ongkos kirim berdasarkan kota yang dituju.

Jika rata-rata plugin lain untuk penggunaan versi berbayarnya per tahun, untuk epeken sendiri menyediakan dua pilihan pembayaran yaitu per bulan dan juga pertahun. Tentu hal ini sangat membantu sekali, terutama bagi Anda yang ingin mencoba terlebih dahulu. Harga yang ditawarkan pihak epeken kisaran Rp 25.000,- perbulannya.

Plugin WordPress Indo ongkir

Terakhir adalah plugin WordPress Indo ongkir. Plugin ini adalah salah satu plugin yang memiliki fitur Shipping Zone dari WooCommerce, sehingga pemilik website toko online bisa melakukan konfigurasi antar zona misalnya kurir JNE untuk melakukan pengiriman ke daerah Jawa Tengah, sedangkan untuk daerah Jawa Barat menggunakan J&T dan untuk wilayah sekitar DKI Jakarta via J&T gratis ongkir.

Akan tetapi, plugin ini tidak tersedia versi gratis ataupun versi trial sehingga pengguna yang tertarik tidak bisa mencoba terlebih dahulu. Biaya pertahun yang perlu dikeluarkan agar plugin ini bisa Anda gunakan kisaran Rp 300.000,- per tahun.

Pihak Indo Ongkir sendiri mengklaim bahwa plugin mereka sudah mendukung lebih dari 10 perusahaan ekspedisi yang ada di Indonesia, dengan begitu jangkauan pengguna lebih maksimal. Plugin ini juga menyediakan pilihan kustomisasi dari segi nama layanan pengiriman atau mark up harga, hal ini terbukti sangat fleksibel dibandingkan plugin yang lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top