blank

Manfaat Teknologi Blockchain untuk Trading Kripto

Manfaat Teknologi Blockchain

Semenjak pemimpin perusahaan raksasa Tesla, Elon Musk, menggoreng salah satu koin di instrumen investasi mata uang kripto, popularitasnya semakin terus berkembang hingga ke penjuru dunia. Ditambah masa pandemi yang membuat hampir semua orang harus melakukan aktivitas hanya di rumah saja karena adanya pembatasan sosial berskala besar. Sudah banyak orang yang mulai beralih ke mata uang digital sebagai trader.

Bicara tentang trading kripto, teknologi yang digunakan untuk kegiatan perdagangan mata uang kripto sendiri menggunakan blockchain. Di mana, teknologi blockchain memiliki fungsi untuk menyimpan dan memverifikasi setiap data transaksi. Di samping itu, teknologi blockchain sendiri ternyata memiliki beberapa manfaat lainnya yang belum banyak diketahui orang-orang. Kira-kira, seperti apa manfaat lain di samping trading mata uang kripto? Begini penjelasannya.

Memahami Teknologi BLOCKCHAIN

blank

 

Pada dasarnya, secara sederhana blockchain terdiri dari beberapa rangkaian block untuk menyimpan banyak data seperti block pertama yaitu genesis blockblock kedua digunakan untuk menyimpan data berdasarkan penginputan selanjutnya dan perubahan terjadi karena adanya input baru, serta block ketiga hingga seterusnya. Di mana, blockblock ini dirangkai dan tersusun pada sebuah rantai yang menjadikannya blockchain.

Setelah adanya input paling baru, data tersebut yang berada di block sebelumnya tidak akan dapat diubah oleh siapapun. Oleh karena itu, setiap block akan dilengkapi pengaman berupa cryptography. Rangkaian blockchain sendiri tidak hanya disimpan melalui satu server saja sehingga data yang ada di blockchain tidak akan bisa dimanipulasi oleh siapapun. Hal ini karena dibutuhkan konsensus bersama dalam mengubah data yang ada di dalam block atau blockchain.

Penggunaan Blockchain 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa selain digunakan untuk perdagangan mata uang kripto, teknologi blockchain juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Dalam hal ini, pemanfaatan blockchain bisa digunakan untuk beberapa kegiatan yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun penggunaan untuk kegiatan lain yang dimaksud seperti berikut:

Dapat Dimanfaatkan untuk Kebutuhan di Sektor Perbankan
Mengingat, teknologi blockchain yang cukup terjamin khususnya dari sisi keamanan, maka teknologi ini dapat digunakan oleh pihak perbankan pada proses mentransfer uang. Selain itu, proses input maupun verifikasi data dapat dilakukan selama 24 jam non-stop. Dengan begitu, transaksi transfer uang dengan menggunakan teknologi blockchain bisa dilakukan walaupun pada hari libur.

Mampu Menyimpan Data Pasien Secara Aman untuk Sektor Rumah Sakit
Selain perbankan, sektor rumah sakit juga bisa menggunakan teknologi blockchain ketika membutuhkan database informasi terjamin secara aman. Mulai dari menyimpan data pasien, dokter, riwayat penyakit, hingga obat-obatan tentunya dapat dilakukan untuk ekosistem blockchain.

Dimanfaatkan untuk Kegiatan Voting Digital
Teknologi blockchain juga dapat digunakan untuk kebutuhan voting khususnya secara digital. Di mana, data yang akan diinput tetap aman dengan semua pihak yang dapat melihat berjalannya progres voting. Bukan hal yang mustahil jika teknologi blockchain dapat dijadikan media untuk pemilihan umum secara digital.

Digunakan untuk Menyimpan Data Senjata
Jenis data senjata hingga bahan kimia sering kali menjadi salah satu jenis data paling rawan untuk diakses. Oleh karena itu, keamanan untuk menyimpan data tersebut bisa dihindari dengan menggunakan teknologi blockchain. Di mana, setiap data senjata yang diakses akan mudah untuk diketahui meliputi siapa pembuat senjata, pemilik senjata, hingga jalur pendistribusiannya.

Digunakan dalam Memantau Kadar Kebersihan dari Makanan
Pemanfaatan yang terakhir dari teknologi blockchain adalah pada supplier bahan makanan untuk menginput datanya melalui sistem tersebut. Hal ini bisa meliputi asal-usul bahan makanan tersebut berasal. Dengan begitu, kemungkinan bahan makanan tercemar dengan racun, maka semua pihak dapat mengetahuinya secara mudah termasuk pemilik restoran hingga konsumen. Selain itu, konsumen juga dapat memilih

Jika supplier bahan makanan menginput datanya ke blockchain, maka asal-usul bahan makanan bisa terlacak. Dengan demikian jika terjadi bahan makanan tercemar racun, semua pihak bisa mengetahui, termasuk pemilik restoran dan konsumen. Di sisi lain, konsumen juga bisa memilih jenis makanan mana yang ingin disantap maupun restoran yang didatanginya.

Itu dia beberapa manfaat lain yang bisa digunakan dengan teknologi blockchain, selain mata uang kripto. Tidak heran jika perkembangan koin-koin mata uang kripto cukup cepat walaupun hanya dikelola oleh teknologi blockchain. Bagi kamu yang melakukan trading kripto menggunakan smartphone, ada baiknya untuk memilih smartphone yang dibekali spesifikasi dan fitur unggulan sehingga bisa berjalan lancar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top