Kelebihan dan Kekurangan Adobe XD

Jika pada artikel sebelumnya sudah dibahas apa itu Adobe XD maka pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan Adobe XD. Mungkin untuk seorang web designer atau UI/UX designer pasti sudah familiar dengan aplikasi ini. Diluar sana banyak tersedia tools UI/UX designer selain Adobe XD, contohnya figma, marvel, sketch, invision studio, zeplin dan lain-lain. 

Nah namun perlu diketahui bahwa beberapa aplikasi tersebut ada yang berbayar dan ada yang bisa digunakan menggunakan versi gratis, beberapa aplikasi yang dapat digunakan secara gratis yaitu Adobe XD, figma, invision studio, marvel dan zeplin. Jadi buat kamu yang ingin belajar UI/UX designer Adobe XD adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Tapi apa sih kelebihan Adobe XD selain gratis sehingga banyak yang menggunakannya saat ini? Yuk mari kita bahas.

Apa Itu Adobe XD

Tampilan awal adobe xd
Kelebihan dan kekurangan adobe xd 2022

Adobe XD adalah salah satu alat bantu gratis yang paling banyak digunakan untuk desain UI / UX dan prototyping untuk berbagai platform termasuk web, ponsel, tablet, dan lainnya. Sebagai bagian dari Adobe Creative Cloud, eXperience Design menawarkan banyak opsi dan antarmuka yang intuitif. kamu dapat membuat dan menguji pengalaman kamu sambil melihat dulu interface lengkap aplikasi mobile/web kamu.

Untuk kamu yang baru menggunakan Adobe XD, kami sangat menyarankan kamu mengklik tombol Begin Tutorial. Dimana kamu akan arahkan ke sebuah layar dengan panel yang menjelaskan panduan cara menggunakan Adobe XD.

Informasi tersebut dapat dengan cepat memandu kamu mengetahui dasar-dasar dari aplikasi Adobe XD. kamu akan belajar bagaimana menyelesaikan tugas-tugas sederhana namun penting seperti membuat artboards, mengimport gambar, menggunakan repeat grid dan bagaimana menghubungkan artboards bersama-sama untuk pembuatan prototipe. Jika sebelumnya kamu sudah pernah menggunakan aplikasi Creative Cloud, mungkin kamu akan tersadar bahwa banyak elemen yang terasa familiar.

Kelebihan Adobe XD

Adobe XD memiliki banyak sekali kelebihan yang membuatnya banyak digunakan oleh para UI/UX designer professional, diantaranya yaitu :

Artwork, Asset, and Artboard Export

Ekspor gambar dan desain dalam format PNG dan SVG, yang dapat kamu konfigurasi untuk iOS, Android, web, atau pengaturan khusus kamu sendiri. Ekspor seluruh artboard atau elemen individual. Dan bagikan aset dan artboards dengan mengekspornya sebagai file PDF individual atau sebagai file PDF tunggal.

Prototype Management

Buat beberapa URL dari file yang sama untuk membagikan berbagai versi prototipe kamu. Bagikan prototipe dalam jumlah tidak terbatas, dan akses dan hapus dengan mudah dari akun Creative Cloud kamu.

Copying From Other Design Apps

Seperti yang kamu ketahui Adobe memiliki aplikasi untuk desain seperti Adobe Photoshop, Illustrator dan lain-lain. Kabar baiknya, kamu bisa copy dan paste desain dari perangkat lunak tersebut ke dalam proyek yang sedang kamu buat.

Typography Styling

Teks gaya dengan kontrol yang presisi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Mudah menyesuaikan elemen tipografi seperti font, jenis huruf, ukuran, perataan, spasi karakter, dan spasi baris. Ubah tampilan teks kamu dengan cara yang sama seperti kamu mengubah elemen lain di XD seperti opacity, fill, background dan efek blur, dan border.

Blur Effects

Mengaburkan objek tertentu atau seluruh latar belakang dengan cepat untuk mengubah titik fokus desain kamu, memberikan kedalaman dan dimensi.

Audio Playback

Tambahkan suara ke prototipe kamu dengan tindakan baru yang memungkinkan kamu memutar efek suara dan file audio lainnya sebagai respons terhadap pemicu.

Coediting (Beta)

Berkolaborasi secara real time dengan desainer lain. Coediting memungkinkan kamu dan tim kamu bekerja bersama dalam dokumen yang sama pada saat yang sama, mempercepat alur kerja kamu dan menghilangkan duplikasi atau konflik pekerjaan.

Share Mode

Dapatkan umpan balik, sampaikan pekerjaan kamu, bagikan dengan developer, dan banyak lagi. Mode Berbagi yang baru memungkinkan kamu menyimpan tautan bersama ke desain kamu dalam sinkronisasi, melihat artboards dan aliran pengguna mana yang dibagikan, dan mengonfigurasi pengaturan seperti persyaratan kata sandi.

CSS Snippets in Design Specs

Spesifikasi Desain sekarang termasuk cuplikan kode CSS yang dibuat secara otomatis yang dapat disalin dan ditempelkan developer ke kode mereka, jadi lebih mudah untuk menghidupkan visi desain kamu.

Auto Save

Simpan pekerjaan kamu sebagai dokumen cloud dan Adobe XD akan secara otomatis memperbaruinya sehingga kamu tidak akan kehilangan pekerjaan kamu.

Fullscreen Prototypes

Prototipe web yang dilihat di browser sekarang menyertakan opsi layar penuh yang disempurnakan, sehingga kamu dapat melihat desain kamu pada ukuran aktual untuk representasi yang lebih akurat.

Kekurangan Adobe XD

Walaupun kelebihan dari aplikasi Adobe XD sangat banyak, namun tetap saja masih ada beberapa kekurangan yang bisa kamu rasakan saat menggunakannya seperti :

Prototype Live Preview

Jika kamu sudah membuat desain web ataupun untuk mobile mungkin selanjutnya kamu akan mencoba melihat aplikasi tersebut dengan prototype live preview. Namun sayangnya, untuk bisa menggunakan fitur tersebut hanya support di Mac saja dan belum support di Windows.

Symbol Libraries

Tidak ada pilihan untuk membuat libraries dari simbol yang sudah dibuat dan nantinya bisa digunakan jika bisa disimpan di libraries. Hal tersebut sangat mengganggu jika mengerjakan proyek besar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top